Akun GoPay Maia Estianty Diretas, Gojek Bantu Lapor Polisi

Selebritas Maia Estianty menjadi kesekian publik tokoh yang menyatakan diretas dan kehilangan duit digital ketika memesan layanan ojek online menggunakan software GoFood.
Sebelumnya, kejadian serupa menimpa biduan Aura Kasih yang menyatakan kehilangan sisa GoPay sampai Rp11 juta.
Lewat akun media sosial instagram, Maia bercerita ia berkeinginan memesan layanan pesan makanan yang dipunyai perusahaan GoJek itu, Kamis (26/12) kemarin. Namun si driver mengklaim kendaraannya mogok dan menggagas untuk mengubah pengemudi.
Oknum driver tersebut lantas meminta kode one time password (OTP) yang masuk melewati pesan ke ponsel mantan istri pentolan Dewa 19 Ahmad Dhani tersebut.
Merasa terdapat yang janggal, Maia tak mau menyerahkan OTP pada partner pengemudi tersebut.
"Rupanya dia bisa data SMS yang saya terima. Gue sih enggak kasih kodenya, namun isi GoPay gue terkuras," curhat Maia lewat akun @maiaestiantyreal
Tak melulu uang digitalnya yang dikuras, Maia pun mengaku pelaku sukses meretas akun Tokopedia dan menghapus software pesan WhatsApp di ponselnya.
Ia lantas mengambil tahapan untuk menghubungi pusat layanan Telkomsel guna meminta kode supaya menonaktifkan upaya pemindahan data yang diperkirakan dilakukan oknum pengemudi tersebut.
"Walaupun nyaris saja dia masuk akun Tokopedia gue, dan melakukan pembelian ponsel memakai kartu kredit gue," tambah Maia.
Maia lalu menutup kartu kreditnya. Ia juga berharap supaya Gojek, Tokopedia, dan aplikiasi-aplikasi digital lain dapat mengantisipasi peretasan laksana yang ia alami.
"Aplikasi-aplikasi ini canggih, namun ternyata maling-maling ini jauh lebih canggih," pungkas Maia.
Menaggapi urusan tersebut, Alvita Chen, Senior Manager Corporate Affairs Gojek menegaskan mengecam permasalahan penipuan berbasis social engineering yang menimpa Maia Estianty dan partner Gojek, Yusdi Alamsyah.
"Kami tengah menghubungi Ibu Maia mengenai permasalahan tersebut dan kami siap membantu supaya penipu bisa diusut dan ditindak oleh pihak kepolisian," kata Alvita untuk wartawan, Jumat (27/12).
Atas peristiwa yang menimpa Maia, pihaknya mengingatkan pemakai dan partner Gojek guna selalu memeriksa kembali andai dihubungi oleh pihak yang menyatakan dari Gojek ataupun partner Gojek.
Baik perusahaan, partner Gojek maupun GoFood dianggap tidak pernah meminta kode apapun lewat teknik apapun. Jika terdapat keraguan, pemakai pun diminta menghubungi customer service yang beroperasi 24 jam sehari, 7 hari seminggu di 021-50849000 atau melewati email ke customerservice@go-jek.com.
No comments:
Post a Comment